Ronaboyd Mahdiharja

Sebuah goresan nan Pribadi mengenai metamorforsis dalam alam pemikiran perjalan menjadi manusia.

Jun 10, 2011

LAPORAN KECURANGAN UN BERBUAH PENGUSIRAN

http://anax1a.pressmart.net/MediaIndonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/06/10/ArticleHtmls/Laporan-Kecurangan-UN-Berbuah-Pengusiran-10062011001024.shtml?Mode=1TERIAKAN massa menggema di Balai RW Gadel, Surabaya, kemarin. Siami, 32, dan Widodo, 40, keluarga yang melaporkan kecurangan massal saat ujian nasional (UN) di SDN Gadel II Surabaya, meninggalkan rumah.
`'Usir...usir...usir! Keduanya tidak punya hati nurani! Siswa dan guru akhirnya menjadi korban,'' teriakan wali murid itu berlangsung saat pertemuan Siami dan Widodo dengan Kepala SDN Gadel II Sukatman dan dua guru kelas VI sekolah itu, Fathur Rochman dan Prayitno.
Pertemuan berlangsung tegang. Siami dikawal ) sejumlah polisi. `'Usir saja, apalagi dia bukan warga asli, hanya tukang jahit dan buruh,'' teriak massa.
Laporan Siami ke wali kota Surabaya bahwa anaknya, i AL, diperintahkan guru memberikan sontekan secara massal ke siswa lainnya saat UN SD beberapa waktu lalu memang berbuntut panjang. Akibat laporan itu, kepala sekolah dan dua guru mendapat sanksi penurunan pangkat 1-3 tahun dan tidak bisa menjabat kepala sekolah maupun guru. Di sisi lain, nasib kelulusan siswa-siswi kelas VI sekolah itu pun menjadi tidak jelas.
Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Sahudi belum bisa memastikan apakah akan dilakukan ujian ulang untuk SDN Gadel II atau tidak, sebab masih menunggu proses pemeriksaan kasus itu.
Laporan Siami tentang kecurangan itu rupanya dibenci. Keluarganya dicaci warga dan wali murid. `'Saya minta maaf sebesar-besarnya kepada kepala sekolah dan wali kelas. Saya tidak menyangka kasus ini melebar ke mana-mana,'' kata Siami di tengah kepungan massa.
Siami dan Widodo akhirnya berangkulan dengan kepala sekolah.
Massa tidak menerima hal itu dan memprotes, tapi dicegah petugas. Siami dan Widodo pun pulang dengan kawalan polisi. Keduanya tidak menduga bahwa menyampaikan kebenaran mahal harganya. (Media Indonesia, 10 Juni 2011)/ http://anax1a.pressmart.net/MediaIndonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2011/06/10/ArticleHtmls/Laporan-Kecurangan-UN-Berbuah-Pengusiran-10062011001024.shtml?Mode=1

No comments:

Post a Comment